Notification

×

Iklan


Iklan

Erman Dukung SMA 1 Bukittinggi Jalin Kerjasama Sekolah di Jerman

Kamis, 27 Juni 2024 | 6/27/2024 WIB Last Updated 2024-09-09T01:01:15Z

Wako Erman Safar bersama guru dan siswa SMA1 Bukittinggi yang akan berangkat ke Jerman.

padanginfo.com - BUKITTINGGI - Wali Kota Bukittinggi H Erman Safar mengapresiasi keberhasilan program "SMAN 1 Go To Europe" yang merupakan rintisan pertama dari Sekolah Menengah Atas di Sumbar menembus benua Eropa.


"Generasi muda perlu membuka cakrawalanya. Salah satunya adalah melalui pertukaran pelajar, seperti yang dilakukan SMAN 1 Bukittinggi," ujar Erman Safar, Sabtu (22/06).


Dikatakan Erman, pihaknya sangat mengapresiasi program guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi yang berhasil menembus benua Eropa. SMAN 1 Bukittinggi merupakan satu-satunya di Sumbar yang memiliki akses ke Eropa yang bentuknya melalui pertukaran pelajar.


"Selamat dan semoga para guru dan siswa yang berangkat, sukses dalam melaksanakan program di sana," ujarnya.


Diingatkan Erman Safar, setiba di Jerman, siswa dan guru dapat belajar dan mengambil hal hal positif yang bisa diterapkan di Sumatera Barat khususnya Kota Bukittinggi. "Jangan lupa juga promosikan juga tentang Sumbar, khususnya Bukittinggi, di Jerman," katanya.


Kepala SMAN 1 Bukittinggi, Silfa Dusun menjelaskan keberhasilan sekolah yang dipimpinnya punya akses sampai Eropa berawal pada 2019, pihak SMAN 1 bertemu dengan guru sekolah di Jerman tersebut secara online.


Dari pertemuan tersebut, berlanjut pada 2021, SMAN 1 ikut pertukaran online. Lalu, dijajaki kerjasama dan kepala sekolahnya menyetujui.


"Sehingga di tahun 2021 itu, kita dapat bantuan 800 Euro untuk membeli barang-barang pas online. Sekolah tersebut mengirim dalam bentuk uang," jelas Silfa Dusun.


Pada tahun 2023, guru sekolah di Jerman tersebut datang ke SMA Negeri 1 Bukittinggi untuk observasi selama sepekan. Kemudian sepakati, SMA Negeri 1 Bukittinggi menjalin kerjasama atau MoU dengan Sekolah Hans Corossa Gynmnasium di Kota Berlin, Jerman. 


Menurut Silfa Dusun, guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi yang akan berangkat masing-masing Caselia Angela, SS, M.Pd, Dian Eka Fitri, S.Pd (guru), Shalsabila, Azan Ashary, Fania Lindra dan Muthiah Fakhri dari siswa.(*/mn)

×
Berita Terbaru Update