Notification

×

Iklan


Iklan

Kelola Sampah, Pemko Bukittinggi Bangun TPST

Kamis, 18 Juli 2024 | 7/18/2024 WIB Last Updated 2024-09-08T08:41:10Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Persoalan sampah di Bukittinggi bakal dapat solusi. Kini, Pemerintah Kota Bukittinggi mulai membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sistem termal teknologi pirolisis.

Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan TPST dilakukan Kamis (18/07) oleh Wali Kota Bukittinggi, diwakili Sekda, Martias Wanto.  TPST berada di kawasan kantor Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi.

Menurut Martias Wanto, untuk lebih mengefektifkan pengolahan sampah di Kota Bukittinggi, pemko telah merencanakan pembangunan TPST melalui Dinas Lingkungan Hidup pada 2023 lalu.

Perencanaan itu direalisasikan tahun 2024 ini dengan membangun tempat pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan dan pemprosesan akhir sampah oleh Dinas Pekerjaan Umum.

"Persoalan sampah di Bukittinggi, secara perlahan akan segera teratasi. Sistem penjemputan sampah ke rumah warga, akan dimaksimalkan. TPS yang ada bakal musnahkan dan kita bangun TPST sistem termal dengan teknologi pirolisis," jelasnya.

Pembangunan TPST sistem termal dengan teknologi pirolisis itu dikerjakan CV Deltamas Kontruksindo. Menggunakan dana APBD Bukittinggi sebesar Rp2,8 miliar lebih.

"Kita harapkan pembangunan ini berjalan lancar sesuai target. Ini akan menjadi TPST Termal pertama di Sumatra Barat, yang menggunakan teknologi pirolisis," ungkapnya.(*/afr)


×
Berita Terbaru Update