Notification

×

Iklan


Iklan

Tingkatkan Kemampuan Barista, Pemko Bukittinggi Gelar Pelatihan

Kamis, 18 Juli 2024 | 7/18/2024 WIB Last Updated 2024-09-08T08:41:10Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, melaksanakan Pelatihan Sertifikasi Barista. Dengan pelatihan, diharapkan para peracik dan penyaji kopi di Bukittinggi makin profesional.

Kegiatan yang diikuti 40 pelaku kuliner kopi itu digelar selama dua hari (16-18 Juli 2024) di Hotel Rocky Bukittinggi.

Menurut Staf Ahli Pemko Bukittinggi Ade Mulyani, produksi kopi dan cara penyajiannya adalah salah satu bagian dari historisnya Kota Bukittinggi, dengan tradisi marandang kopi di Bukik Apik.

"Kegiatan terebut sudah melegenda, bahkan dituangkan kedalam bait lagu dan potensi yang ada harus bisa ditangkap dan dibangkitkan lagi, tentunya dalam penyajian kopi mengutamakan higienitas dan penyajikan kopi yang baik pula," ujarnya.

Ade Mulyani sangat mengapresiasi kegiatan ini, khususnya Dinas Pariwisata, telah melaksanakan pelatihan kopi bariwisata dengan tujuan mengangkat pariwisata.

Sekarang bermunculan usaha café, bahkan merupakan bagian refresing bagi penikmat kopi. "Kondisi ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha barista, agar dapat tingkatkan income, peserta yang ikut pelatihan tidak sekedar datang, hadir, duduk dan dengar, tapi lebih mampu hendaknya menerapkan ilmu yang diperoleh," katanya mengingatkan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan usaha dapat meningkat, untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam promosi pariwisata, baik dalam rangka peningkatan produksi dan pelayanan maupun terhadap kegiatan, karena itu pelatihan harus ada tindak lanjut peningkatan usaha UMKM .

Karena itu perlu membina dan memberikan pelatihan barista bagi pelaku kuliner kopi, ketika ia kembali kepada masyarakat, sudah memiliki bekal pengetahuan berusaha secara mandiri, kerena jadi peserta pelatihan yang memiliki keahlian meracik kopi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bukittinggi Jon Yosnedi menyebutkan, peserta pelatihan tidak sekadar pandai membuat kopi, tapi bagaimana mereka dapat mengelola UMKM nya secara lengkap juga ditekankan mulai dari pelatihan pembuatan kopi, pelatihan branding, managemen, marketing dan selling.


“Dengan berbagai macam produk sajian kopi diharapkan bisa disuguhkan pada wisatawan data ke kota ini. Teman-teman Barista ini akan kita kawal dan dampingi terus, menciptakan berbagai macam racikan kopi disajikan,” ujarnya.(*/mn)

×
Berita Terbaru Update