Notification

×

Iklan

Iklan


Wako Bukittinggi Serahkan Piagam, Hadiah dan Bibit Durian

Senin, 22 Juli 2024 | 7/22/2024 WIB Last Updated 2024-09-08T08:41:10Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan, serahkan bibit durian, sekaligus piagam penghargaan dan hadiah bagi pemenang Penilaian Ketenagaan dan Kelembagaan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2024. 

Kegiatan ini berlangsung di Hall SKB Panorama Baru, Senin (22/07).

Wako Bukittinggi H Erman Saafar menyerahkan penghargaan untuk 10 kategori yaitu kelompok tani, kelompok budidaya ikan, kelompok wanita tani, kelompok tanaman hias, usaha pelayanan jasa alsintan, lembanga keuangan mikro agribisnis, penyuluhan pertanian PNS serta penyuluh pertanian swadaya dan petani.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka di bidang pertanian.

Penghargaan diberikan dalam sepuluh kategori berbeda, termasuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) berprestasi, Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) berprestasi, Petani Berprestasi, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berprestasi.

Selanjutnya, Kelompok Wanita Tani Berprestasi, Kelompok Tani Berprestasi, Kelompok Tani Tanaman Hias Berprestasi, Unit Pelayanan Pengembangan dan Pengolahan Hasil Pertanian (UP3HP) Berprestasi, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Berprestasi, dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Berprestasi.

"Penghargaan ketenagaan dan kelembagaan bidang pertanian dan perikanan tingkat Kota Bukittinggi ini bertujuan untuk meningkatkan peran sektor pertanian untuk mewujudkan program pembangunan nasional," katanya.

Disebutkan Erman, penyuluhan ketenagaan dan petani sebagai pelaku utama dituntut untuk dapat mengembangkan usaha tani yang produktif, menguntungkan dan mandiri serta memiliki kemampuan manajerial dan kewirausahaan sehingga dapat mengembangkan kemampuan manajerial dan kewirausahaan sehingga dapat mengembangkan kemampuan melalui kelembagaan pembangunan pertanian.

"Penghargaan ini merupakan salah satu motivasi bagi penyuluh, petani dan kelembagaan Tani untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam mengelola usaha tani perlu memberikan penghargaan kepada ketenagaan dan kelembagaan di bidang pertanian dan perikanan," sebutnya.

Pada kesempatan itu Erman Safar, menyerahkan bantuan berupa jenis durian bawor 400 batang dan musangking 100 batang bersertifikat.

Bibit durian yang merupakan bantuan dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indragiri Rokan dan Pengadaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Menurut Erman, dengan dikembangkanya bibit durian di Kelurahan Pintu Kabun, diharapkan dapat menjadi objek wisata argo nantinya. Apalagi dengan sudah berkembangnya objek wisata di Panorama Baru ini menjadi daya tarik dan menjadi nilai tambah bagi pengunjung di Panorama ini dengan dikembangkanya wisata argo," jelasnya.(*/mn)

×
Berita Terbaru Update