Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wapres ke 9 Hamzah Haz Dimakamkan di Bogor

Rabu, 24 Juli 2024 | Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-09-02T03:08:34Z
padanginfo.com-JAKARTA-  Wakil Presiden RI ke 9,Hamzah Haz yang meninggal Rabu pagi 24 Juli 2024 jam 09.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta dimakamkan di pemakaman keluarga di Bogor.

Hamzah Haz menjadi Wapres  mendampingi Megawati selama masa 4 tahun, 2001-2004, setelah kemelut politik yang melengserkan Presiden Abdurrahman Wahid.

Sejumlah tokoh ikut melayat ke rumah duka di kawasan Tegalan  Matraman, Jakarta Timur. Mulai dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Makruf Amin, seluruh mantan Wapres: Try Sutrisno, Boediono,  Jusuf Kalla, para menteri dan mantan menteri.

Kediaman Hamzah Haz bukan komplek elit. Tapi bercampur dengan pemukiman biasa. Kawasan Tegalan berada sekitar 300 meter dari jalan raya Matraman menuju Kampung Melayu. Banyak pelayat memarkir mobilnya sampai ke jalan raya Matraman sebelum sampai kecrumah duka, karena ruas jalan tidak begitu lebar. 

Setelah penyelenggaraan jenazah, Wakil Menteri Investasi Juliot Tanjung atas nama keluarga menyerahkan jenazah kepada pemerintah yang diwakili Menko Polhukam Hadi Thahyanto untuk dimakamkan secara kenegaraan.
Hamzah Haz lahir di Ketapang, Pontianak, pada 15 Februari 1940. Mantan Ketua Umum PPP dua periode mengisi sejumlah jabatan di pemerintahan. Pernah menjadi Menteri Investasi dan Menko Kesra. 

Semasa muda, Hamzah Haz pernah menjadi guru, wartawan dan masuk dunia politik dengan menjadi anggota DPR RI dan Wakil Ketua DPRD. 

Hamzah Haz meninggalkan 12 orang snak dari dua orang isteri serta sejumlah cucu dan cicit. (in).
×
Berita Terbaru Update