Notification

×

Iklan


Iklan

Minat Baca Rendah, Armaidi Tanjung: Dorong Siswa Rajin Membaca

Senin, 12 Agustus 2024 | 8/12/2024 WIB Last Updated 2024-09-08T13:31:31Z

Kepala SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman menerima  bantuan buku yang diserahkan Armaidi Tanjung dari SatuPena

padanginfo.com-PADANG PARIAMAN-Rendahnya budaya membaca sangat diperlukan langkah-langkah untuk mendorong siswa agar lebih banyak memanfaatkan waktu membaca buku. Jangan hanya menghabiskan waktu setiap hari dengan android. Siswa harus bisa menyediakan  waktunya untuk membaca.

Demikian diungkapkan Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat Armaidi Tanjung, Senin (12/8/2024) pada upacara bendera di hadapan siswa/siswi dan majelis guru SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

 Menurut Armaidi, sekolah melalui guru bisa mendorong dan memberikan motivasi agar anak dituntut untuk membaca buku secara rutin dan berkala,
Sebagai bentuk dorongan meningkatkan minat baca siswa, kata Armaidi Tanjung, DPD SatuPena Sumbar mendonasikan sebanyak 26 buku yang merupakan karya pengurus dan anggota SatuPena Sumbar, serta penulis lainnya yang mempercayakan bukunya didonasikan kepada perpustakaan sekolah ini.

 Secara pribadi, Oktober 2012 sudah mendonasikan sebanyak 70 buku ke sekolah SMAN 1 Padang Sago ini. Buku tersebut diterima oleh 10 siswa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan sekolah dan untuk perpustakaan sekolah, kata Armaidi yang juga penulis buku ini.

Menurut Armaidi, kita sangat prihatin rendahnya minat baca dikalangan siswa dan masyarakat. Padahal untuk meningkatkan sumber daya manusia salah satunya adalah melalui bacaan. Belajar dari negara-negara maju, umumnya memiliki masyarakat yang tinggi minat bacanya. 

Salah satunya Jepang, negara di Asia yang berkembang pesat ilmu teknologinya karena masyarakatnya memiliki minat baca yang tinggi, tambah Armaidi.

Kita harus belajar dari budaya membaca bangsa Jepang. Di sana sekolah memaksa siswanya membaca untuk menamatkan sejumlah buku selama duduk di bangku sekolah. Kita di sekolah ini bisa juga mendorong siswa lebih membaca buku. Siapa yang paling banyak membaca buku selama setahun misalnya, sekolah bisa memberikan reward. Sehingga siswa bisa saling berpacu membaca buku, kata Armaidi Tanjung.

Kepala SMAN Padang Sago Nursyamsi S.Pd., M.Pd. menyampaikan terima kasih atas sumbangan buku dari DPD SatuPena Sumbar. Mudah-mudahan buku tersebut dapat mendorong siswa agar lebih banyak lagi menyediakan waktu membaca buku. 

Kepala Perpustakaan SMA 1 Padangsago H. Ardiman, S.Pd menambahkan, perpustakaan SMA 1 Padangsago memang masih minim jumlah buku dan prasarananya. Sumbangan buku dari Armaidi Tanjung tentu dapat menambahkan koleksi buku. Kita berharap donator atau pihak lain yang mempunyai kelebihan rezeki atau memiliki buku kiranya dapat menyumbangkan buku untuk perpustakaan sekolah ini, kata Ardisman.
×
Berita Terbaru Update