Notification

×

Iklan


Iklan

Pemko Bukittinggi Gelar Gebyar IVA Test dan Layanan Kontrasepsi

Rabu, 28 Agustus 2024 | 8/28/2024 WIB Last Updated 2024-09-09T01:01:15Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, gelar pelaksanaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksan payudara klinis serta pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. 


Kegiatan berlangsung di Poltekes Kemenkes Prodi Kebidanan Kota Bukolittinggi, Rabu (28/08/2024).


Kegiatan ini diikuti 110 orang sasaran Iva Tes dan sadanis dari 7 Puksemas Kota Bukittinggi dan 30 orang sasaran peserta KB Jangka Panjang, baik itu IUD maupun implan.


Wali Kota Bukittinggi melalui Kepala Dinas Kesehatan, Linda Feroza, menjelaskan, Gebyar IVA Tes, Sadanis dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi wanita dalam program skrining kanker serviks dan kanker payudara. 


"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan wanita dapat melakukan pemeriksaan IVA secara massal dan mendapatkan edukasi tentang pentingnya deteksi dini kanker dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang mencakup berbagai metode kontrasepsi yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu yang panjang, seperti IUD, implan, dan suntik," jelas Linda.


Disampaikan Linda, Program MKJP dapat meningkatkan akses dan pemahaman masyarakat tentang pilihan kontrasepsi jangka panjang yang tersedia dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya deteksi dini kanker serviks melalui skrining IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat).


Ketua TP PKK, Ny Fiona Erman Safar, menyampaikan, kanker leher rahim merupakan penyakit kanker terbanyak di Indonesia. Kanker ini memiliki angka kematian yang tinggi yang disebabkan terlambatnya deteksidini. Hampir 70 persen pasien kanker dideteksi pada stadium lanjut. 


"Di Kota Bukittinggi pada tahun 2023, angka kunjungan deteksi dini kanker serviks sebanyak 344 wanita usia subur atau 1.6 persen dari 20.880 wanita usia subur. Dari angka tersebut dapat dilihat, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini," sebutnya.


Dengan gebyar IVA tes ini, tambah Fiona, sadanis dan pelaksananan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang dapat memperkuat kerjasama berbagai pihak agar saling bersinergi, berintegrasi dan berkolaborasi dalam melaksanakan Pencegahan Kanker Leher Rahim di Kota Bukittinggi. 


"Ini menjadi upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bukittinggi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dan antisipasi dini kanker leher rahim," jelasnya.(*/mn)

×
Berita Terbaru Update