Notification

×

Iklan


Iklan

8 Fraksi Terbentuk, Muhidi Ketua Definitif DPRD Sumbar 2024-2029

Selasa, 17 September 2024 | 9/17/2024 WIB Last Updated 2024-09-17T16:44:03Z

padanginfo.com- PADANG- Muhidi, dari PKS ditetapkan sebagai Ketua definitif DPRD Sumbar periode 2024-2029. Mendampingi sebagai Wakil Ketua Evi Yandri Rajo Budiman (Gerindra), Iqra Chisa (Golkar) dan Nanda Satria (Nasdem).

Penetapan unsur pimpinan DPRD Sumbar diketahui pada sidang paripurna  penetapan fraksi-fraksi, Selasa 17 September 2024 di ruang sidang utama dipimpin oleh Ketua Sementara Irsyad Syafar didampingi Wakil Ketua Sementara Evi Yandi Rajo Budiman dan dihadiri Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

Dari empat unsur pimpinan DPRD Sumbar, Muhidi dan Evi Yandri merupakan pemain lama di kancah legislatif. Muhidi sebelumnya anggota DPRD Padang dua periode. Sedang Evi Yandri anggota DPRD Sumbar periode sebelumnya.  Dua lainnya adalah pendatang baru, Iqra Chisa dan Nanda Satria. Menariknya, seluruh unsur pimpinan ini adalah peraih suara terbanyak di partainya dan kesemua berasal dari Dapil Padang.

Dibanding periode lalu, posisi PAN dan Demokrat sebagai unsur pimpinan lepas. Indra Rajo Lelo yang dulu wakil ketua, kini menjadi penasehat di fraksi partainya. 

Adapun 8 Fraksi yang telah terbentuk masing masing Fraksi PKS. Gerindra, Golkar. Nasdem, PPP, PAN, Demokrat dan Fraksi PDIP-PKB.

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar menyampaikan, sesuai dengan ketentuan tersebut, maka partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD Provinsi Sumatera Barat paling sedikit lima orang, dapat membentuk fraksi sendiri. Sedangkan anggotanya kurang dari lima orang dapat bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk paling banyak dua Fraksi Gabungan

"Berdasarkan ketentuan tersebut maka DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2024-2029 berjumlah delapan fraksi," kata Irsya Syafar.


Adapun  masing-masing  pimpinan fraksi, Fraksi PKS dengan Ketua H. Irsyad Syafar Lc. M.Ed, Fraksi Gerindra Khairuddin Simanjuntak, Fraksi Partai Golkar Yogi Pratama, SE, Fraksi NasDem  Endarmy,  Fraksi PAN Muhayatul, SE. M.Si,  Fraksi Partai Demokrat diketuai oleh Doni Harsiva Yandri, SIP. ME, Fraksi PPP Sawal Dt. Putiah, SH, dan  Fraksi  PDI-Perjuangan dan PKB diketuai Albert Hendra Lukman, SE 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam rapat paripurna tersebut menyatakan, Pemerintah Daerah menyambut baik dengan telah terbentuknya fraksi-fraksi di DPRD Sumatera Barat. 

Posisi fraksi di DPRD merupakan wadah penghubung untuk mempertemukan kepentingan masyarakat dan kepentingan pemerintah, terutama untuk menerima dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang diwakili.

"Fraksi mempunyai peran yang sangat strategis antara lain memberikan pertimbangan kepada pimpinan DPRD baik diminta maupun tidak diminta, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi anggota fraksi, memberikan pandangan umum tentang pengambilan keputusan persetujuan, penolakan, atau kebijakan lainnya," kata Audy. (in).

×
Berita Terbaru Update