Notification

×

Iklan

Iklan


7 Putera Minang Bakal Masuk Kabinet Prabowo-Gibran Siapa Saja?

Rabu, 16 Oktober 2024 | 10/16/2024 WIB Last Updated 2024-10-15T23:04:07Z
Rumah kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara No.4, Jakarta, tempat para calon menteri dan wakil menteri dipanggil

padanginfo.com-JAKARTA- Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sejumlah kalangan dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu untuk disiapkan menjadi calon menteri dan wakil menteri.

Para calon menteri dan wakil menteri telah dipanggil sejak Senin dan Selasa, 14 dan 15 Oktober 2024 di kediaman Jalan Kertanegara 4 Jakarta. 

Berbeda dengan Presiden Jokowi yang tidak satupun membawa orang Minang atau berdarah Minang dalam kabinetnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto sedikitnya akan menempatkan 7 orang putra berdarah Minang. Bila dikalkulasi dengan jumlah kabinet yang akan diisi di 40 atau 45 departemen atau lembaga setingkat, maka ada 17,5 persen kabinet Presiden Prabowo diisi oleh putra Minang.

Berikut nama-nama mereka yang dihimpun jurnalis padanginfo.com  

1. Yassierli
Prof. Yassierli, MT, Ph.D, CHFP kini menjabat sebagai Guru Besar di ITB. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai staf pengajar dan peneliti, Fakultas Teknologi Industri ITB sejak 1998.

 Yassierli. putra Lubuk Minturun Padang kelahiran 22 April 1976  adalah alumni SMA Negeri 1 Padang.

Masuknya nama Yassierli diusulkan oleh PKS. PKS mengusulkan ahli Egronomi itu sebagai calon Menteri Tenaga Kerja. Sebelumnya Yassierli disebut akan menjabat Menteri Riset. Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

2. Yusril Ihza Mahendra
Prof. Dr. H. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc. gelar Datuak Maharajo Palinduang lahir 5 Februari 1956 adalah seorang advokat, akademisi di bidang hukum tata negara, politikus, dan salah seorang tokoh pemikir dan intelektual Indonesia.

YIM begitu simbol panggilannya, adalah deklarator dan kini Ketua Umum Partai Bulan Bintang. YIM  pernah menjabat Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Hukum dan HAM era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

YIM berketurunan dari Aia Tabik Kota Payakumbuh. Sukunya Melayu Kampuang. Kedua orang tuanya merantau ke Bangkinang dan selanjutnya ke Bangka Belitung.

Gelar Datuk yang disandang dilewakan pada Februari 2002 di Payakumbuh.

Yusril disebut-sebut akan menjabat Menteri Hukum dan HAM.

3. Fadli Zon
DR.Fadli Zon, SS, MSc gelar Datuak Bijo Dirajo Nan Kuniang lahir 1 Juni 1971) adalah  mantan aktifis i era Orde Baru.

Bersama Prabowo Subianto, Fadlizon ikut mendirikan Gerindra dan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum. Sejak 8 Oktober 2015 hingga 2019, ia juga dipercaya sebagai Presiden Organisasi Parlemen Antikorupsi Se-Dunia.

Sama dengan YIM. FZ, simbol nama akrabnya- juga berasal dari Luhak Limopuluah Kota.

Jabatan menteri apa yang akan disandang Fadli Zon? Santer menyebut FZ akan berada diingkungan Istana kelak. Sebagai Mensesneg atau Menseskab.

4. Yuriot Tanjung
Yuliot Tanjung alumni Fakultas Peternakan Unand lulusan 1983.  Lahir di Padang Panjang pada 7 Oktober 1963. Yuliot meraih gelar sarjana di  jurusan produksi ternak, dan melanjutkan studi magister di bidang manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

Yuliot Tanjung memulai kariernya di Kementerian Investasi pada 1988 sebagai kepala kantor perwakilan BKPM di Taiwan. Ia kemudian menjabat sebagai kepala biro perencanaan dan informasi.

Pada 2006, Yuliot diangkat sebagai direktur promosi dalam negeri di Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal. Ia melanjutkan kariernya sebagai direktur delegasi penanaman modal pada Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal dari 2014 hingga 2019.

Puncak kariernya terjadi pada 2024, ketika dia dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai wakil menteri investasi dan wakil kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada 18 Juli 2024.

Ketika dipanggil Prabowo. Yuriot diminta untuk melakukan regulasi tata aturan perizinan investasi.


5. Doni Oskaria


Dony Oskaria, S.IP., MBA lahir  26 September 1969) adalah seorang profesional yang menjabat sebagai Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia dan In Journey. perusahaan induk BUMN pariwisata Indonesia.Sebelumnya ia dipercaya sebagai Wakil Direktur Utama perusahaan penerbangan plat merah Garuda.

DO, demikian panggilan akrabnya berasal dari Tanjung Alam, Kabupaten Tanah Datar. Ia menempuh pendidikan SD di kampung, SMP 7 Padang separuh jalan dan pindah ke Jakarta menamatkan SMPN 75 Jakarta dan SMAN 78 Jakarta.

Masa kuliah DO awalnya di Jurusan Akutansi  Universitas Andalas (1989-1990). Merasa kurang pas DO menyelesaikan kesarjanaannya di Hubungan Internasional Universitas Pajajaran Bandung (1990-1994).

DO disebut-sebut akan menjadi Wamen Pariwisata.

6 Afriansyah Noor
Ir. Afriansyah Noor M.Si. IPU  lahir 20 April 1972 di Jambi, saat ini menjabat Wakil Menteri Tenaga Kerja. 

Afriansyah akrab disapa Ferry adalah anak dari pasangan Fauzi Noor dan Upik Tando.  Ibunya merupakan anak dari Sidi Tando,  pengusaha Indonesia terkemuka pada era 1950-an.

Pada 27 April 2023 menerima gelar adat Datuak Rajo Basa di Istano Basa Pagaruyung. Ia menyebut ayahnya berasal dari Lubuk Basung dan ibunya dari Limo Kaum Tanah Datar. Keluarga ini merantau ke Lubuk Linggau, Sumsel.

Afriansyah yang juga Sekjen PBB ini disebut-sebut akan tetap di jabatannya sebagai Wamen Tenaga Kerja.

7. Giring  "Nidji" Ganesha 
Giring Ganesha S.Ikom lahir  14 Juli 1983. Ia merupakan putra dari pasangan Djumaryo Imam Muhni asal Yogya  dan Irmawaty yang berasal dari Padang. Ayahnya adalah seorang wartawan foto yang pernah bertugas di kantor berita LKBN Antara,  harian Berita Yudha, dan majalah Asri.

Bagi kalangan pencinta musik pop  nama Giring Nidji sudah tak asing lagi. Ia adalah vokalis grup band yang digandrungi anak muda itu.

Giring bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia, PSI- dan sempat menjadi Ketua Umum sebelum diserahkan ke Kaesang Pangarep, Putra sulung Presiden Jokowi.

Jabatan Wamen apa yang akan diamanahkan? Giring ketika ditemui wartawan seusai dipanggil Prabowo, tidak menyebut. "Biar nanti Pak Prabowo yang akan menyampaikan," sebutnya. 

Penulis : Indra Sakti Nauli
Sumber: Diolah
Foto-Foto: google/Wikipedia/beritasatu/diolah.



×
Berita Terbaru Update