Notification

×

Iklan

Iklan


BPOM Rilis 10 Obat Berbahaya Berlabel Herbal, Catat Ini Nama Obatnya

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10/08/2024 WIB Last Updated 2024-10-08T13:53:38Z
obat-obatan (foto: ilustrasi).

Padanginfo.com-JAKARTA-  Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Taruna Ikrar mengungkap sedikitnya ada 10 temuan produk berbahan alam yang berisiko memicu kerusakan jantung hingga gagal ginjal. 

Mengutip Detik Health, produk herbal tersebut mengandung bahan kimia obat (BKO) sildenafil, fenilbutazon, metampiron, piroksikam, parasetamol, hingga deksametason. Pasalnya, kandungan ini dilarang terkandung dalam obat berbahan herbal lantaran diberikan di bawah pengawasan dokter.

"Dalam konsumsi jumlah dosis yang lebih tinggi, seseorang bisa berakhir fatal hingga kematian," sebut Taruna, Senin 07/10/2024 di Jakarta.

Taruna merinci, obat berbahan herbal yang berbahaya dan marak beredar di masyarakat banyak meliputi obat penambah gairah pria, hingga pereda asam urat.

Berikut 10 produk yang diberikan warning BPOM RI:

1. Cobra X
2. Spider
3. Africa Black Ant
4. Cobra India
5. Tawon Liar
6. Wan Tong
7. Kapsul Asam Urat TCU
8. Antanan
9. Tongkat arab
10. Xian Ling.

"Obat yang disebut berbahan alam yang mengandung sildenafil, dijual dengan tujuan merangsang gairah laki-laki, kekuatan stamina, tetapi perlu diingat kalau kelebihan dosis, ini bisa fatal. Menyebabkan henti jantung," ungkap Taruna.

"Konsumsi obat bahan alam tanpa izin edar dan/atau mengandung BKO sangat berisiko bagi kesehatan, bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh, seperti gagal ginjal, kerusakan hati, dan gangguan kesehatan lainnya bahkan kematian," pungkasnya.(Dtk).







/
×
Berita Terbaru Update